Belajar Membuat Program dengan Delphi 7


Setelah kita mengenal apa itu Borland Deplhi, sekarang mari kita belajar menggunakannya. Disini saya contohkan dengan menggunakan Borland Delphi 7. Dalam hal membuat sebuah program aplikasi tentu tidak akan terlepas dengan yang namanya database. Sebagai tempat penyimpanan data lah yang pasti. Jenis database yang bias di pakai pada Delphi adalah sangat beragam. Bisa kita gunakan database MySql, Ms Access, Ms Excel, dll. Untuk kali ini saya akan jelaskan dengan yang menggunakan database Ms Access. Untuk database yang lainya tidak jauh beda. Hanya beda pada alat koneksinya saja.

Baiklah kita mulai saja mempraktekkannya. Pertama sekali tentu kita harus bias membuat sebuah koneksi/hubungan antara Delphi dengan databasenya. Dalam hal saat ini adalah dengan database Ms Access 2003. Tujuannya, agar  jika kita melakukan input data pada aplikasi tersebut, data akan tersimpan ke dalam database. Dan saat di perlukan kita dapat mengambilnya kembali/membacanya pada desktop tampilan aplikasi.

Langkah awal adalah menyiapkan terlebih dahulu database dan table yang akan digunakan untuk menampung data yang akan kita input nanti.
Saya asumsikan disini bahwa anda sudah mengenal siapa itu Ms Access. Berikut ini adalah cara membuat sebuah database dan tabel (disini kita akan menggunakan database Microsoft Access 2003. Walaupun yang kita gunakan untuk membuatnya Microsoft Access 2007) :

Buka ms.acces dan tentukan lokasi penyimpanan database (dengan mengklik lambang folder), kemudian pilih format 2003 , lalu klik create :



Buat sebuah table dengan klik kanan tabel -> pilih desain view -> save tabel dengan nama : dt_anggota -> kemudian buatlah tabel dengan field-field seperti gambar dibawah ini :


Selesai membuat table, sekarang coba kita isi data pada tabel secara manual saja, dengan mengklik 2x dt_anggota -> table, masukkan minimal 2 data kedalamnya.


Setelah database terbuat. Tahap kedua adalah membuka aplikasi Delphi, dan membuat koneksi database pada Delphi dengan menggunakan 3 komponen (AdoConnection, AdoQuery, dan DataSource). Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Buka aplikasi Delphi anda  -> pilih new project. Buat lah sebuah Form dan desain form tersebut seperti tampak pada gambar di bawah :

Komponen yang digunakan meliputi : 3 buah edit text, 1 buah date time picker, 2 buah radio button, 4 buah button, 6 buah label, 1 buah DBGrid, ADO Connection, ADOQuery dan Data Source.
Edit text, label, button dan Radio button ada pada komponen ‘Standart’
DateTimePicker ada pada komponen ‘Win32’
DBGrid ada pada konponen ‘Data Control’
ADO Connection dan ADOQuery ada pada komponen ‘ADO’ dan
Data Source ada pada komponen ‘Data Access’

Langkah berikutnya adalah men setting komponen dan koneksi ke databasenya.

a. Setting AdoConnection
Pada properties yang perlu kita setting adalah Connection String dan Login Prompt.

-Pada Propwrty, klik connection string, lalu klik build,

lalu pilih jenis provider yang digunakan. Disini karena kita menggunakan database MsAccess 2003 maka kita pilih ‘Microsoft jet 4.0 OLE Provider ‘, lalu  klik Next, Lalu pilih database yang akan dikoneksikan / digunakan(database yang kita buat diatas) lalu klik OPEN . Kemudian klik ‘Tes Connection’ untuk menguji koneksinya.


Jika koneksi berhasil maka notifikasi sukses akan dimunculkan. Klik OK, lalu OK dan OK lagi

- Selanjutnya masih soal ADO Connection, pada properties klik login prompt, dan pilih false

b. Setting AdoQuery
Pada properties Adoquery yang perlu disetting adalah Connection, SQL, dan Active.
- Klik AdoQuery kemudian pada properties,
- Pilih Connection -> pilih AdoConnection1
- Pilih SQL -> iskan/ketikkan ‘select * from dt_anggota’
- Pilih Active -> pilih true

c. Setting Datasource
Pada DataSource yang perlu di setting hanya dataset nya
- Klik Datasource kemudian pada properties,
- Pilih dataset -> pilih adoquery1.

d. Setting DBGrid
Pada DBGrid yang disetting hanya datasource -> pilih datasource1.

Setelah ke empat komponen diatas berhasil anda setting dengan benar, maka pada DBGRID akan tampil data sesuai dengan yang ada pada database yang di buat di atas, seperti tampak pada gambar dibawah ini :

Sampai disini proses koneksi Delphi dengan database Ms Access selseai. Coba jalankan program dan lihat hasilnya. Tapi disini, saat program tersebut di jalankan dan kita klik tombol save, edit atau hapus tentu belum ada reaksi apa-apa, karna memang kita belum membuat proses untuk bekerjanya tombol-tombol itu.
Tapi baiklah untuk proses tombol-tombolnya kita lanjutkan besok aja ya.., besok kita bahas soal bagaimana  meng input datanya dan mengfungsikantombol-tombol lainnya yang udah kita buat diatas. Sekarang kita istirahat dulu lah. Capek.

Kalo ada yang kurang jelas bisa di tanyain kewat koment ato ke email juga boleh.

Label: