Setting Mysql supaya aplikasi client bisa akses data di MySQL (Server)

Sebagai misal saya mempunyai permasalahan begini.  Bagaimana caranya mengakses data Mysql jika mysql-nya bukan dari local atau komputer kita sendiri?.  Contoh kita sudah memiliki 2 komputer yang sudah dapat berkomunikasi, Dengan LAN misalnya. Dan dimisalkan saja komputer-komputer tersebut memiliki IP masing-masing. Kompi1: 192.168.1.1 dan Kompi2:192.168.1.2, Sekarang kasusnya begini Kita pasangkan/instal Mysql Query Browser pada Komputer2 dengan IP 192.168.1.2 dan Komputer1 dengan IP 192.168.1.1 dijadikan server dengan menginstal apache dan mysql atau menginstal paket Xampp (apache+mysql). Nah pertanyaan besarnya bagaimana Komputer2 (192.168.1.2) dapat mengakses database di Komputer1 (192.168.1.1). Logikanya langkahnya mungkin cukup dengan mengganti Server Host-nya saja  dengan 192.168.1.1. Seperti contoh gambar dibawah ini

Tapi ternyata Jika kita hanya mengganti Server host-nya dengan 192.168.1.1 saja, Hal itu belum cukup karena database di kompi1 (192.168.1.1) belum mengizinkan komputer2 mengakses data yang ada padanya. Lalu bagaimana ?

Berhari-hari saya tidak menemukan solusinya, Akhirnya saya ingat dengan teman saya Agus dan saya tenyakan hal ini padanya. Alhamdulillah saya mendapatkan solusi permasalahan saya diatas. Dan hari ini saya bagikan disini.

Memang benar pada aplikasi Client harus kita setting url database yang dituju (server yang dipasang database). Akan tetapi database di server juga harus kita setting dulu. Agar data bisa diakses dari luar. Caranya adalah buka terlebih dahulu database yang ada di Komputer1 (192.168.1.1),  Langkahnya, buka phpmyadmin (saya menggunakan XAMPP paket) kemudian pilih database dengan nama mysql lalu pilih tabel user kemudian kita tambahkan deh IP user client-nya(dalam kasus diatas adalah Komputer2 dengan IP 192.168.1.1). 
Saya inginnya seluruh aplikasi-client (dengan IP bebas) dapat mengakses database di server dengan Username root dan password-nya kosong. Bisa saja, yaitu dengan memberi nama Host-nya dengan % tetapi kalau udah fixs client-nya yang bisa akses langsung ke database server, ya host-nya kita masukkan saja IP-nya client tersebut. Contoh tampilan  tabel user pada server yang saya buat seperti gambar dibawah ini:



Semoga membantu yang kebetula memiliki permasalahan yang sama.

Posting Komentar

0 Komentar