Cara Menginstal Komponen Quick Report di Delphi 7

Komponen Duick Report di Delphi 7 komponennya sebenarnya sudah terinstal bersamaan dengan instalasi program Delhpinya. Hanya saja keberadaannya belum tertampilkan di palet menunya. Untuk memunculkannya bagaimana? Berikut saya coba uraikan caranya:

Untuk memunculkan/menginstal komponen quick report ini, buka Windows Explorer anda dan masuklah ke dalam folder C:\Program Files\Borland\Delphi7\Bin, cari file dengan nama “dclqrt70.bpl”, komponen tersebutlah yang nantinya akan kita ambil. Kemudian ikuti langkah – langkah menginstalnya sebagai berikut :

1.      Buka program Delphi. Kemudian setelah muncul jendela kerjanya klik Component Ã Install packages pada menu bar,

2.       Akan keluar jedela Form Project Options seperti gambar di bawah. Klik Add untuk menambahkan komponen.


3.      Setelah klik add, akan muncul dialog add design packages, masuk ke C:\Program Files\Borland\Delphi7\Bin,  dan cari file “dclqrt70.bpl” tadi, seperti gambar di bawah ini :

4.      Sorot/pilih file tersebut dan klik open. Maka pada design packages akan ada tambahan Quickreport Component seperti pada gambar di bawah ini :

5.      Lalu klik OK
6. Selesai. Komponen quick report anda sudah terinstal di dalam Delphi7, untuk menggunakannya cari komponen quickreport di komponen palette dengan nama QReport



Demikian Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar