Menu Dropdown Pada Mikrosoft Excel 2007


Menu Dropdown adalah fasilitas untuk memudahkan memasukkan data berupa beberapa pilihan yang sudah pasti, dalam  hal ini yang dimaksud pada Microsoft Excel. Misalnya untuk menginput nama hari-hari dalam satu minggu. Jika kita sudah membuat drop down list pada suatu cell, maka pada saat nantinya kita memilih cell itu, maka akan tampil tanda anak panah ke bawah(tanda dropdown), untuk memasukkan datanya klik tanda panah itu trus pilih data yang ingin dimasukkan.
Sebaagai contoh kita coba membuat menu kolom hari. Caranya :


  • Pertama kita buat dulu daftar nama hari nya. Untuk memudahkan memahami, data source(daftar harinya) kita letakkan di dekatnya dan di worksheet yang sama. Namun pada prakteknya sebaiknya data source diatur sedemikian rupa agar tidak terlihat. Atau di letakkan pada worksheet yang berbeda.
  • Kita mulai dengan memilih cell D2, trus pada Ribbon Data klik Data Validation, akan tampil jendela seperti gambar di bawah ini, trus dari tab Setting, pada Allow kita pilih List.
  • drop-down-list
  • Selanjutnya, memasukkan data pada bagian Source,caranya pilih Source,lalu sorot(blok) data hari yang telah kita buat.Terlihat pada gambar di bawah ini.
  • drop-down-list
  • Sebagai pengaturan tambahan, pada Tab Error Alert, yaitu untuk menampilkan peringatan jika kita memasukkan data yang salah(tidak valid). Kalaupun Anda tidak mengedit pada bagian Error Alert dan langsung klik OK setelah mengisi source nya,dropdownlistnya juga sudah jadi dan bisa kita jalankan. Di bagian ini kita bisa mengedit pesan yang nantinya akan tampil jika kita memasukkan data yang tidak valid. Atau kita juga bisa memilih untuk tidak menampilkan Error Alert, atau juga bisa memilih yang akan tampil Error Alert default dari Microsoft Excel.
  • drop-down-list
  • Sekarang kita lihat hasilnya, pada saat kita memilih cell D2, akan muncul tanda panah kebawah(tanda dropdown) kemudian jika kita klik tanda itu akan muncul data yang telah kita masukkan dan kita tinggal memilihnya.
  • dropdown-list
Catatan : Alternatif lain untuk mengisikan data pada Source list, kita bisa mengetikkan langsung pada kolom Source, tanpa harus membuat tabel datanya terlebih dahulu. Hal ini bisa kita manfaatkan jika list data yang akan kita masukkan tidak terlalu banyak, karena dengan menggunakan cara ini data yang bisa kita masukkan terbatas. Pada gambar di bawah ini, kita menggunakan cara ini untuk memasukkan nama-nama hari. Disini kita menggunakan tanda titik koma “;” untuk memisahkan data yang satu dengan yang lain. (Sebagai catatan, jika pengaturan regional pada windows Anda adalah English(US) maka tanda pemisahnya adalah koma.Saya menggunakan pemisah titik koma karena pengaturan regional windows saya adalah Indonesia). Kemudian setelah mengisikan datanya klik OK.

    drop-down-list
Demikian tips singkat ini mudah2an bisa bermanfaat.
Salam...

Posting Komentar

0 Komentar