Masalah koneksi SSH

Aku punya jaringan router kecil yang di dalamnya menggunakan SSH key untuk terkoneksi antara client dan server dan sebaliknya dan aku menggunakan port 222.
Satu hari saat aku mau melakukan koneksi dari server ke client, tiba tiba koneksi gagal dan muncul pesan 'Host key verification failed'. Aku bingung, padahal saat itu aku perlu mengirimkan beberapa data ke client. Setelah tanya tanya sama mbah Google aku menemukan solusi sederhana begini:

Aku masuk ke direktori /home/username/.ssh dan aku buka file known_hosts ternyata isinya sebuah script yang tidak bisa dibaca seperti ini:


Entah tulisan apa aku gak bisa baca dan gak ngerti maksudnya. mbah Google sarankan untuk menghapus saja semua tulisan itu. Dan apa yang terjadi? Setelah aku hapus dan aku coba lagi untuk koneksi ke client. Ternyata hehehe, lancar lagi tuh.
Lega rasanya masalah teratasi. Dan aku tulis ini mudah mudahan bermanfaat bagi yang kebetulan menemui masalah seperti ini. Sekali lagi terima kasih mbah Google.
Sedikit saran sebelum anda menghapus isi file known_hosts sebaiknya di copy dulu misalnya menjadi known_hosts(copy) untuk berjaga jaga dari kesalahan dalam menghapus file. 

Posting Komentar

0 Komentar