Cara Reset Password Root di MySQL

Dalam kesempatan ini saya coba untuk tuliskan apa yang saya lakukan dalam upaya mereset password root mysql saya, saya buat tulisan singkat ini yang saya ambil dari beberapa sumber, khususnya Manual MySQL yang berjudul How to Reset the Root Password. Sebetulnya manual tersebut sudah cukup jelas dan mudah, tapi kalau Anda merasa agak ribet, cobalah cara di bawah ini:

Buka Terminal dan jalankan sebagai root



Stop dulu MySQL.
Caranya, ketik ini di command prompt.

/etc/init.d/mysql stop

Jalankan kembali MySQL server dengan parameter “-skip-grant-table”.
Caranya ketik ini di command prompt:

mysqld-nt.exe --skip-grant-tables --user=root

Kemudian teruskan dengan perintah berikut:

mysql mysql

Ganti password root dengan perintah SQL.
Misal password yang baru adalah ‘nanda’. Maka caranya jalankan perintah SQL berikut ini (dalam contoh 'user' nys root dan 'password' nya amirun) :

UPDATE USER SET password=PASSWORD('amirun') WHERE Host='localhost' AND USER='root'

Lakukan Perintah Flush Privilege
Caranya adalah dengan mengetikkan  perintah berikut:

FLUSH PRIVILEGES;
 
Setelah itu keluar dari MySQL client dengan perintah exit:

exit
 
Kemudian matikan proses mysqld-nt.exe yang kita jalankan tadi dengan menekan tombol CTRL+Z. Kemudian jalankan kembali di control panel service.
Selamat, password root MySQL sudah direset. Untuk mencobanya, jalankan MySQL client sebagai root.

mysql -u root -p
 
Kemudian ketik password yang baru.
Akhirnya MySql anda berjalan kembali dengan password yang baru
Selamat. anda berhasil..

Posting Komentar

0 Komentar