Cara Membuat File PDF dari Ms Office 2007

File PDF (Potable Document Format). Merupakan sistem format file portabel yang sangat-sangat umum digunakan terutama dalam urusan kirim mengirim file berisi data agar tidak dapat di ubah-ubah isinya lagi.
Apa bisa dibuat dengan menggunakan Ms Office 2007 tanpa menggunakan tool / software pembuat file PDF tambahan? Kenapa tidak, kita hanya perlu menambahkan satu plugin microsoft yang juga disediakan gratis oleh mbah Microsoft untuk keperluan ini. Kalau di Ms Office 2010 plugin ini sudah terintegrasi langsung di aplikasinya, jadi tidak perlu lagi menginstalnya secara terpisah. Anda bisa mendownload plugin ini nya disini. 

Setelan anda mendapatkan file rarnya. Extrak dan jalankan file exe pluginnya, atau tepatnya di instalkan saja ke Ms Office anda. Setelah instal sukses coba dilihat di menu >> save As, akan ada tambahan satu item yaitu "PDF"
Tinggal di klik menu tersebut, maka anda akan diarahkan ke form penyimpanan file dengan format PDF. Seperti gambar berikut :

Untuk tahap awal cukup gunakan pengaturan defaultnya saja. Langsung tentukan nama file nya dan lokasi tempat penyimpanannya saja. Lalu klik tombol Publish . Selesai. File PDF anda sudah terbentuk.
Mudah kan ? 
Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Silahkan di share dengan menyertakan linknya.
Salam.

Label: ,