Membuat Background Baris Data Berselang-seling di Excel 2007

Salah satu cara untuk membuat agar pembacaan data lebih mudah mungkin adalah dengan membuat bayangan background nya berselang seling warnanya. Jadi deretan urutan baris Row nya mudah di kenali dalam pembacaannya. Bagi pengguna Excel 2007 disini saya akan coba share tentang bagaimana cara untuk membuat bayangan baris data kita menjadi berselang seling dengan cara yang cepat. Seperti contoh daftar siswa berikut ini:


Bagaiamana prosesnya?
Langsung aja ya, buka data Ms Excel anda yang akan di buat background selang-seling.
Sorot seluruh range yang berisi data (header nya tidak perlu). Lalu pada kelompok menu Home pilih Conditional Formating

 Pada dialog yang terbuka pilih New Rule. Pada dialog box berikutnya pilih "Use a formula to determine whichcells to format"

 Pada formula bar ketikkan formula berikut :
 =MOD(ROW();2)<>0  
Seperti tampak pada gambar berikut:

Lalu klik tombil Format untuk membuka dialog format cell nya. Tentukan kondisi warna selang yang di inginkan. Dalam contoh saya pilih warna kuning. Lalu klik OK

Maka akan tampak satu sample format kondisi warna yang di seting tadi, seperti tampak pada gambar , Klik OK untuk mengkonfirmasi dan menutup dialog.

Format kondisi kita selesai disetting. Tinggal klik OK dan ....

Kalau anda melakukan langkah yang benar hasil seperti pada contoh gambar data siswa diatas akan terbentuk.
Bayangan baris data tersebut tidak akan hilang/terhapus saat anda menghapus isi data pada range tersebut. Juga saat anda menyisipkan Row baru ataupun menghapus sebagian Row nya. Coba saja

Demikian Tips dari saya kali ini. Jika bermanfaat silakan di share dengan menyertakan sumbernya.
Salam.

Label: ,