Cara Update PHP di XAMPP


Langsung aja deh ya, pada kesempatan kali ini saya akan share satu tips kecil yang saya anggap baru (tapi gak tau kalo buat anda , hehee) Tapi yang penting ada manfaatnya lah ya.
Buat para master-master web pasti deh gak aneh sama yg nama’nya XAMPP, kalo bagi yang belom paham apa itu XAMPP ya coba deh nanya2 sama Pakde Google, apa XAMPP itu. 

Mungkin anda sedang akan menjalankan sebuah fitur web ( Wordpress misalnya). yang membutuhkan minimal 5.2.4.. Sedangkan anda sudah terlanjur menginstal XAMPP yang serinya membawa paket PHP versi 4.2. Tentu script yang ada sebagian akan tidak terealisasi alias error. Dalam keadaan seperti ini anda tidak perlu/harus menginstal ulang XAMPP nya, tapi cukup meng Update PHP nya saja. Nah ini yang mau saya share kali ini ( jadi puanjang ya dongengnya.. hehee ). Gapapa deh, yang penting akhirnya masalah teratasi.

Berikut langkap-langkah perjalanan Update PHP di XAMPP :


1) Download dulu ZIP PHP Binary nya di http://windows.php.net/download/. Pilih aja yang VC9 x86 Thread Safe
2) Unzip/Extrak file PHP zip tersebut
3) Kemudian masuk ke direktori PHP dari XAMPP (biasanya ada di C:/xampp/php). Backup dahulu satu folder PHP tersebut buat jaga-jaga
4) Hapus semua isi dari folder PHP XAMPP tersebut
5) Kopi isi folder PHP yang baru ke folder PHP XAMPP
6) Kopi file php5apache2_2.dll dan php5apache2_2_filter.dll ke folder apache/modules. Jika disuruh overwrite, lakukan overwrite
7) Selesai. 



Sekarang coba jalankan Apache XAMPP, jika berhasil maka Apache dengan sukses dapat berjalan.
Untuk memastikan bahwa versi PHP anda sudah ter update / berubah,  coba gunakan fungsi phpinfo().

Demikian tutorial singkat tentang cara update PHP di XAMPP windows kali ini. 

Semoga bermanfaat.

Label: , ,