Belajar Membuat Program dengan Delphi7 (bag. 4)

Menyimpan Proyek Delphi

Met Pagi semua.
Udah gak sabar mau melanjutkan ulasan proyek Delphi kita?
Langsung aja kita ke TKP deh.

Buka aplikasi Borland Delphi7 anda (ini wajib lho).
Ulangi dulu langkah yang di kerjakan pada bag 1-3 yang lalu. Setidaknya 1 bagian terjalankan. Kalu enggak lha proyek apa yang mau kita simpan sekarang? hehee.
Form nya seperti ini :

Disini saya akan jelaskan cara pintas termudahnya aja dulu ya untuk menyimpan proyek Delphi yang telah kita buat ini. Lewat default auto nya mbah Delphi kalo istilah saya.

Langsung aja, tuju menu File pilih Save All aja. Seperti ini


Maka akan muncul dialog save yang defaultnya seperti ini:

Beri nama untuk menyimpan Formnya. Sementara kita belum memahami betul soal ini, extensi pas nya jangan di ganti agar tidak terjadi hal2 yang mungkin tidak kita inginkan nanti. Cukup ganti nama filenya saja. lalu klik simpan.
Kemudian akan muncul dialog save yang kedua dengan default dialognya seperti ini:

Lihat di kolom extensi file nya. Extensi dpr menandakan ini untuk nama file proyek Delphi nya. Ganti namanya sesuai keinginan anda tapi jangan engganti extensi nya. Kecuali nanti kalo anda sudah benar2 memahami tentang hal ini.

Selesai.
Lho? kok? Cuma gitu aja? Ya gitu aja. Mau gimana lagi?
Coba sekarang cek di Windows Explorer cari tempat kita menyimpan file tadi. Perhatikan jenis2 extensi file yang ada disitu. Harus ada extensi cfg,dof,dpr,exe,rs,dcu,dfm dan pas.

Coba sekarang lakukan eksekusi file exe nya. Jika semua benar maka program yang telah kita buat tadi akan terbuka/dijalankan pada desktop windows. Dan..

Selamat. Anda berhasil.
Segini dulu ya tips dari saya untuk kali ini. Ikuti terus kelanjutannya 




Label: