Cara Membuat Jaringan LAN

 LAN (Local Area Network), adalah koneksi dua atau lebih komputer yang terhubung cecara tertutup dengan menggunakan koneksi kabel  UTP dengan konektor RJ-45. Ini diperlukan a
pabila di rumah kita mempunyai  komputer lebih dari satu, dan masing-masing komputer ingin terhubung antara satu dengan yang lainnnya supaya bisa sharing data, printer, 
sharing koneksi internet dll, 

Komputer yang beredar  pada saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan LAN Card  atau disebut juga NIC (Network Interface Controller), atau Ethernet Card. Yaitu konektor untuk menghubungkan konektor RJ-45.
Lalu bagaimana cara mengkoneksikannya?

Kalau jumlah komputer yang akan dikoneksikan hanya dua buah, kita hanya cukup menyediakan  satu buah kabel UTP yang panjangnya disesuaikan dengan jarak antara komputernya yang di kedua ujung kabelnya telah dipasangi konektor RJ-45(standard konektor untuk kabel LAN UTP) dengan konfigurasi Cross/ silang.
Kalau Jumlah komputer yang akan dikoneksikan lebih dari 2 buah, maka kita harus menambahkan satu alat  yang bernama Switch atau Hub. Sekarang harga sebuah switch untuk standard rumahan sudah sangat terjangkau dan banyak beredar di pasaran.
Dari masing - masing komputer dihubungkan ke switch  menggunakan kabel UTP dengan konektor RJ-45 di kedua ujungnya dengan konfigurasi Straight/lurus.


Kedua:
Konfigurasi Alamat IP (Internet Protocol / TCP IP )
Agar dapat saling berkomunikasi , masing – masing komputer harus diberi alamat IP.Gunanya untuk mengidentifikasikan masing-masing komputer yang ada pada jaringan. Caranya:

Masuk ke Control Panel -->Network and Internet -->Network and Sharing Center-->Change Adapter Settings.
Lalu pilih/dobel klik Local Area  Connection 

Dobel klik pada Internet Protocol (TCP / IPv4)
Klik Use The following IP address, kemudian isi IP address dan subnet Mask
Misal, 
komputer1  IP Address : 192.168.100.1
komputer2  IP Address : 192.168.100.2
komputer3  IP Address : 192.168.100.3
komputer4  IP Address : 192.168.100.4
dst..
untuk Subnet Mask semua sama : 255.255.255.0

Jika langkah diatas anda lakukan dengan benar seharusnya koneksi LAN sudah sukses dilakukan. Untuk mengetahui dan memastikan berhasil tidaknya koneksi, lakukan perintah ping dari komputer satu ke komputer lainnya. Caranya:
Misal dari komputer1 ke komputer2 :
Di Komputer1 :  Klik Start -->Klik Run-->ketik CMD --> klikOK,  pada jendela Command Prompt ketik ping  192.168.100.2  dan tekan enter
jika koneksi berhasil harus ada Reply dari komputer2.
Lakukan perintah yang sama untuk mengetahui koneksi ke komputer yang lainnya.

Kalau reply tidak terjadi periksa apakan nama WorkGroup komputer sudah sama apa belum. Semua komputer yang saling dihubungkan harus di set dengan nama Workgroup komputer yang sama. Kalau tidak maka koneksi tidak akan berjalan.


Oke. Sampai disini dulu ya, semoga berhasil.
Salam.

Label: ,