Belajar dari Pohon Pisang


Siapa yang belum tahu pohon pisang. Tapi tahukan anda kalau sebenarnya kita bisa belajar banyak dari pohon pisang? Coba perhatikan ayat Allah yang satu ini. Ternyata ada pelajaran berharga yang di tuliskan Allah melalui pohon pisang.
Apa itu.?'

Semua bagian tubuhnya bermanfaat.
Pohon pisang, mulai dari akar sampai buah bermanfaat. Bahkan, buahnya yang mentah pun sudah bisa dimanfaatkan. Ini berarti, manusia dalam hidup harus menjadi orang yang berguna buat orang lain. Kebergunaan ini sesuai dengan kemampuan masing-masing. Profesionalitas. Jadi kalo anda seorang pelajar, jadilah pelajar yang baik. Jika politikus, jadilah politikus yang baik dan jujur. Hal ini pasti membawa manfaat bagi orang lain, baik langsung maupun tak langsung. Minimal anda jadi inspirasi bagi orang untuk melakukan hal yang sama baik.

Pisang menganut regenerasi.
Pohon pisang hanya berbuah sekali saja. Sehabis itu, pohon pisang akan memiliki "anak". Anak inilah yang akan berbuah kembali, begitu seterusnya. Ini berarti dalam hidup manusia, harus menghasilkan satu hal yang baik dan menurunkannya kepada keturunan kita. Jadi tidak ada manusia yang berkuasa selamanya. Kalo udah tua dan nggak mampu, ya ganti yang muda. Jangan ngeyel tetap ingin berkuasa kalo memang sudah tidak mampu.

Pisang selalu sama.
Untuk mengambil buahnya, pisang harus ditebang, minimal dipotong tandan-nya. Ini artinya ia disakiti. Bahkan dengan kata lain harus terbunuh. Namun, generasi berikutnya tetap menghasilkan pisang yang sama baik jumlah, besarnya dan rasanya. Apa yang bisa kita dapat dari hal ini? Ya, pisang tidak menurunkan keburukan, hanya kebaikan saja. Ini berarti kita sebagai manusia, harus menurunkan kebaikan saja kepada generasi kita, bukan keburukan. Sekalipun kita pernah mengalami disakiti orang lain. Manusia tidak boleh dendam. Memaafkan dan memberi yang lebih baik adalah yang dianjurkan oleh Allah. Ingat kisah Rasulullah dengan nenek tua yang melempari beliau dengan batu dan kotoran?

Itulah sekelumit pelajaran yang bisa kita ambil dari siklus kehidupan pisang. Mungkin ada yang bisa menambahkan? ........

Label: ,