Mengenal MODEM Internet


Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator. Modulater merupakian bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa(carrier) dan siap untuk dikirimkan. demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. modem merupakan penggabungan komponen keduanya , artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah umumnya menggunakan bagian yang disebut modem seperti Vsat ,microwave ,dan lain-lain. Umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi komputer. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomonikasi seperti telepone atau radio. setibanya dimodem tujuan sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirim ke komputer.

Jenis-jenis modem :

Modem Dial Up
Modem Dial up atau yang biasa disebut dengan hubungan langsung ialah modem yang digunakan sebagi media koneksi internet melalui mediakabel telepone. pada umumnya modem jenis ini bersifat internal atau dipasang langsung pada motherboard tetapi juga ada yang Eksternal yaitu perangkat dipasang diluar komputer.

Modem ADSL
Teknologi ADSL sebenarnya teknologi lama, tetapi terus diperbaharui untuk meningkatkan kecepatan transfer modem.teknologi ADSL memiliki keterbatasan, seperti jarak jangkauan dari telco atau gardu induk telepon dengan modem pelanggantidak boleh terlalu jauh.Semakin jauh jarak wilayah rumah anda dengan gardu induk utama dan semakin banyak lompatan dari gardu Telco, akan menurunkan kecepatan koneksi

Modem CDMA
Modem CDMA merupakan jenis modem dengan sistem komunikasi internet melalui jalur komunikasi CDMA (Code Division Multyple Acces).pada umumnya modem cdma berbentuk usb Flashdisk yang dapat digunakan sewaktu-waktu.Kecepatan CDMA telah mencapai 3X sistem koneksi dialup· Modem CDMA merupakan jenis modem dengan sistem komunikasi internet melalui jalur komunikasi CDMA (Code Division Multyple Acces).pada umumnya modem cdma berbentuk usb Flashdisk yang dapat digunakan sewaktu-waktu.Kecepatan CDMA telah mencapai 3X sistem koneksi dialup.

Modem GSM
Modem GSM mempunyai kesamaan dengan modem CDMA,yaitu komunikasi internet dengan menggunakan jalur komunikasi GSM(Global Systewm for Mobile Communication), seperti modem CDMA modem GSM juga berbentu USB, PCMCIA dan dapat menggunakan ponsel yang memiliki fitur sebagai modem

Demikian yang saya ketahui saat ini.