CARA INTALLS WINDOWS 7 MENGGUNAKAN FLASH DISK

Kenapa harus Instal Windows menggunakan Flashdisk?
Salah satu alasan nya yaitu jika menggunakan Flash disk, proses instalasi lebih cepat karena dalam proses pembacaan file nya akan lebih cepat dari pada membaca dari image file dari kepingan DVD yang nota bene DVD menggunakan media optical, belum lagi ada kemungkinan file tidak terbaca dengan baik karena sudah mulai rusaknya kepingan DVD Windows nya. Sehingga besar resiko file corupt karena sudah tidak bagusnya DVD Room. 

Terlebih lagi bila yang kita mau instalasi Windows 7 adalah sebuah Netbook, yang pasti tidak ada DVD room nya, tentunya cara ini merupakan solusi terbaik, karrena tidak perlu repot repot mencari DVD room External untuk keperluan install windows 7 di Netbook kita.

Untuk Instalasi Windows 7 menggunakan Flash Disk ini sangat lah mudah, tidak perlu bersusah payah payah mencari Software Tool untuk setting Flash Disk agar menjadi Flash Disk Bootable. Alat yang perlu disiapkan hanya Master Software Installer Windows 7 dan Flash Disk dengan kapasitas sekurang kurangnya 4 GB untuk menampung File Installer Windows 7 tersebut.

Berikut Langkah membuat Bootable Flash Disk Installer Windows 7 :

Langkah pertama Format Flash Disk tersebut dengan Format File System NTFS.
Langkah kedua Copy kan semua file dan Folder Master Software Installer windows 7 ke dalam Flash Disk kita tersebut
Langkah terakhir buka file pada flash disk tersebut dan cari file bootmgr kemudian rubah / rename file tersebut menjadi NTLDR dan Flash Disk sudah bisa berfungsi menjadi Flash Disk Bootable Windows 7 Installer dan siap digunakan untuk Instalasi windows 7  menggunakan media Flash Disk

Untuk Cara instalasi windows 7 menggunakan Flash disk ini pada dasarnya sama dengan cara Instalasi windows 7 menggunakan DVD Installer. Yaitu langkah awal kita masuk menu Bios, cara nya nyalakan Komputer / Laptop kita dan segera tekan Tombol keyboard F2 atau Del (tergantung menu bios PC / Notebook)
Kemudian setting Bios PC / Laptop / Netbook agar booting awal (First Boot Order) melalui Flash Disk Bootable Windows 7 yang sudah kita siapkan sebelumnya dahulu, pastikan bios sudah mendeteksi Flash Disk kita, biasanya akan terdeteksi sebagai USB Hardsik Driver (USB HDD). Kalau belum terdeteksi silahkan restart lagi. Simpan pengaturan Bios dan ikuti proses Instalasi Windows 7 seperti install windows dengan DVD Installer
Yang perlu diperhatikan Instalasi windows 7 menggunakan Flash Disk ini pada saat setelah langkah proses copying file , proses intalasi akan melakukan restart. Nah pada saat restart tersebut anda harus masuk menu bios lagi. Anda harus setting Bios dan rubah settingan agar PC booting awal melalui Hardisk. Simpan perubahan menu bios dan Proses instalasi windows 7 menggunakan Flash Disk bisa dilanjutkan sampai selesai.

Salah satu kelebihan lagi bila kita Install Windows 7 menggunakan Flash Disk ini yaitu kita bisa langsung menambahkan / menyisipkan File Software lain seperti Driver dan Software pendukung lain kedalam Flash Disk installer kita dengan cara memasukan File software installer tersebut kedalam Folder Other milik Software Installer windows 7 tersebut. Untuk selanjutnya nanti akan kita install setelah Proses Instalasi windows selesai.

Bagaimana, cukup simple dan mudah kan cara intalasi windows 7 (seven) menggunakan Flash disk ini ? Semoga artikel ini bermanfaat, dan Salam Blogger slalu......

Label: