Selasa, 12 Maret 2013

Cara Buat Localhost dengan XAMPP

Bagaimana cara membuat Webserver Lokal sendiri..? mungkin itu yang terpikir sejenak saat anda memasuki blog ini. Sangat banyak ya aplikasi yang sebenarnya anda bisa gunakan untuk membuat hal itu misalnya XAMPP tentunya gratis juga, tinggal download aplikasinya. 

Software aplikasi web server yang paling populer adalah :
  • Internet Information Service (IIS). IIS ini biasanya sebagai bawaan dari windows. Pada umumnya digunakan pada windows 2000 server danwindows 2003. IIS ini menggunakan bahasa ASP dan banyak dipadukan dengan database MSSQL. Bagi anda yang jago vb script , maka ASP ini sangat cocok buat anda.
  • Apache. Ini biasanya untuk website dengan bahasa PHP dan dipadukan dengan database MySQL. Software yang satu ini gratis.
Karena pertimbangan biaya maka banyak orang memakai Apache , PHP & MySQL untuk membuat server website lokal. Dan juga di hostingan , rata-rata sudah menyediakan fasilitas PHP & MySQL tersebut. Karena itu kita fokuskan topik kita ke web server ini saja.


Kita bisa download Apache , PHP dan MySql dari websitenya dan install satu -satu di komputer kita untuk membuat server website lokal. Tapi ini lebih ribet. Ada beberapa pengembang yang sudah menyediakan satu installer untuk paket tersebut ( Apache , PHP dan MySql ) , seperti :
  • XAMPP
  • WAMPP
  • DONGKRAK
Yang pernah saya coba dan saya pakai di komputer saya adalah XAMPP (basic package) version 1.6.7 untuk Windows. XAMPP ini cukup bagus dan fitur juga cukup lengkap. Berikut fitur - fitur dari XAMPP :

  1. Apache 2.2.9
  2. MySQL 5.0.51b
  3. PHP 5.2.6 + PHP 4.4.9 + PEAR
  4. PHP-Switch win32 1.0 (please use the "php-switch.bat")
  5. XAMPP Control Version 2.5 from www.nat32.com
  6. XAMPP Security 1.0
  7. SQLite 2.8.15
  8. OpenSSL 0.9.8h
  9. phpMyAdmin 2.11.7
  10. ADOdb 4.98
  11. Mercury Mail Transport System v4.52
  12. FileZilla FTP Server 0.9.25
  13. Webalizer 2.01-10
  14. Zend Optimizer 3.3.0
  15. eAccelerator 0.9.5.3 for PHP 5.2.6 (comment out in the php.ini)
Sebagian fungsi fitur ini saya juga belum begitu paham. Tapi yang penting adalah ada Apache , PHP dan MySql , dimana ketiga inilah yang paling kita butuhkan untuk membuat lokal web server di komputer kita.

Cara menginstall XAMPP ini juga mudah. Berikut cara cara install XAMPPmenjadi web server di komputer kita.
  1. Download XAMPP di servernya (http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html)
  2. Double klik pada file yang baru dodownload untuk unpack installer. Pilih folder pada level tertinggi untuk tempat unpack file tersebut sepertiE:\xampp atau C:\xampp atau folder yang lainnya. Ingat jangan gunakan folder flash disk dan sejenisnya.
  3. Buka folder tempat anda unpack sebelumnya.
  4. Double klik setup_xampp.bat untuk install XAMPP
  5. Cari dan double klik file xampp-control.exe untuk membuka setting XAMPP.
  6. Disini anda bisa start dan stop Apache , MySQL server dan fitur lain. Untuk latihan ini saya kira anda cukup start Apache , MySQL saja.
  7. Buka browser anda dan ketik http://127.0.0.1 atau http://localhost maka server website lokal anda akan terbuka.
Sampai disini anda sudah berhasil membuat komputer kita menjadi web server. Anda bisa menggunakan phpMyAdmin untuk membuat database.


Copy kan web page anda ke ?:\xampp\htdocs atau buat subfolder dari htdocs untuk website anda. Contoh : Jika anda buat subfolder "coba" maka dari browser anda akan diakses dengan http://localhost/coba

Refrensi  : http://tutorial-elektronika.blogspot.com
Anda perlu Baca ini juga !

1 komentar:

  1. bro klo kita ingin buat web localhost dengan domain www.sarijaya.net pada server local bisa gak tanpa di awali http://localhost/sarijaya.net

    BalasHapus