Cara memblokir Spam di Gmail dan Yahoo

Dari mana sih sebenarnya spam itu datang? Sebenarnya ini salah Anda juga. Ini semua karena Anda pernah mendaftarkan diri untuk mendapatkan newsletter atau membeli sesuatu secara online dan lupa membuang centang dari opsi yang tidak menyatakan persetujuan Anda untuk menerima update produk, tawaran, dan lain-lain dari situs web tersebut.

Jika kasus Anda seperti ini coba terapkan cara-cara dibawah ini untuk membantu menyortir mana yang benar-benar e-mail dan mana e-mail yang (spam).

Tips bagi pengguna Gmail

1. Pakai Filter 

Tahukah Anda bahwa saat memproses e-mail, sebenarnya Gmail tidak peduli dengan tanda titik yang ada di ama akun Anda? 
Contoh : namadepan.namabelakang@gmail.com akan dianggapnya sama dengan namadepannamabelakang@gmail.com. Jadi percuma saja mengubah nama karena Gmail akan meneruskan nama itu ke inbox Anda.

Tapi tenang, ada solusinya yakni pakai filter. Bikin alamat e-mail yang mengandung tanda titik, lalu atur si filter supaya e-mail otomatis disimpan atau dihapus jika ternyata isinya spam.
Bagaimana cara membuat filter ini? Pertama masuklah ke akun Fmail Anda, lalu klik "Settings > Filters", lalu pukuh "Create Filter". Berikutnya tinggal atus apa saha yang ingin anda filter, misalnya "From...", To...", dan lain-lain.

2. Buang lampiran gambar 

lampiran gambar adakalanya disusupi jebakan dari si pengirim. Jebakan ini bisa berniat buruk, misalnya ajakan mengklk situs web yang akan mencuri identitas kita. Karena itu, kalau bisa, tolak lampiran gambar dan buang ke tong sampah tanpa dibuka.

Cara mengotomatiskan pembuangan ini midah saja. Pilihlah "Settings > Filters" dilan jutkan dengan memilih
"Create a Filter". Centang kotak "Have Attachment". Ketikan multipart/related .gif di kotak "Has the Words". Lalu klik "Next" dan pilih "Delete it" untuk membuang pesab sampah langsung ke folder Trash.
Untuk berjaga-haga andai ad apesan penting yang terbuang ke folder Trasgh, buatlah flder baru dan berikan perintah untuk mengarahkan semua e-mail yang terkait ke folder tersebut.

3. Laporkan sebagai Spam 

Gmail mungkin tidak mampu memblokir semua pesan spam yang masuk ke inbox Anda melalui fitur filternya. Namun Anda bisa mengajarinya supaya mengenali spam. Kliklah tombol "Mark as spam" pada sebuah e-mail dari sseorang yang tidak Anda sukai, Gmail akan menggunakan infromasi tersebut untuk memblokir kedatangan pesan-pesan serupa dimasa datang, untuk Anda dan komunitas Gmail.

Tips bagi pengguna Yahoo! Mail

Yahoo! Mail (termasuk Yahoo! Mail Classic), terlah dibekali dengan pengusir spam, yakni SpamGuard. Begini cara memakainya.

1. Login ke akun Yahoo! Anda seperti biasa, Ketika melihat e-mail yang tidak anda harapkan, klik tombol "Spam"untuk mengaktifkan SpamGuard .

2. Otomatis SpamGuard akan memblokir pesan apapun yang datang dari alamat tersebut.

Khusus bagi Anda yang masih menggunakan akun Yahoo! Mail Classic, begini cara memblokir spam.

1. Login ke akun Yahoo! Anda seperti biasa. Lihat layar kanan atas. Disana ada link bertuliskan "Options". Kliklah dan sebuah menu akan muncul.

2. Klik di "Mail Options", lalu klik pada tulisan "Spam" di sisi kiri. Disini, Anda dapat mengatur mana saja e-mail yang Anda anggap span, termasuk memblokir 500 alamat email sekaligus. Kalau ada lebih dari 500 alamar e-mail yang akan di blokir, Anda harus upgrade dulu k Mail Plis (berbayar). Selesau mengatur lalu klik "Save Cganges"

Satu hal yang perlu diingat, spam tidak akan pernah bisa Anda eliminir 100%. Yang bisa Anda lakukan hanyalah mengurangi volumenya.

Selamat mencoba !


Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/2182225-tips-memblokir-spam-bagi-pengguna/#ixzz2JW8KgkhB

Label: