Belajar Script HTML bag 8

Tag Frame

Sistem navigasi sebuah situs web adalah salah satu sistem penunjang yang akan memberikan nilai tambah pada situs tersebut. Semakin sederhana dan mudah sistem navigasi akan semakin baik karena akan semakin memudahkan pengguna untuk menggunakan seluruh fasilitas dan layanan yang ditawarkan.
Untuk itu kita perlu membagi sebuah halaman web kedalam beberapa blok terpisah dan masing-masing blok tersebut diisi dengan halaman web lain. Misalnya kita ingin membagi dua kolom, kolom sebelah kiri untuk halaman navigasi dan halaman sebelah kanannya diisi dengan halaman sebenarnya.
Pembagian sebuah halaman web kedalam beberapa blok ini dapat dilakukan dengan tag Frame. Berikut ini sintaksis bentuk dasarnya :

<FRAMESET TYPE="XX,XX"> </FRAMESET>

Type dapat diganti dengan "Rows" atau "Cols". Cols akan membagi sebuah halaman web secara vertikal sedangkan Rows akan membagi halaman web secara horisontal.
"XX" diganti dengan proporsi lebar atau tinggi blok yang dibagi, dapat diisikan prosentase lebar layar maupun dalam satuan pixel. Ukuran untuk masing-masing bagian dipisahkan dengan tanda koma.
Untuk lebih jelasnya ikuti contoh berikut :
<frameset rows="25%, 75%">
</frameset> 
Contoh diatas berarti membagi dua halaman web secara horisontal, bagian atas memiliki tinggi 25% tinggi halaman web dan halaman web dibawahnya memiliki tinggi 75%.

Selanjutnya kita perlu mengisikan halaman-halaman web lain kedalam blok-blok yang sudah dibagi tadi yaitu dengan tag berikut ini :

<FRAME SRC="nama_halaman.html" NAME="nama_blok">

Untuk lebih jelasnya amati contoh berikut :

<frameset rows="25%, 75%">
<frame src="halaman1.html" name="blok1">
<frame src="halaman2.html" name="blok2">
</frameset> 

 
Salah satu kelebihan yag frame ini adalah dari masing-masing blok yang telah kita bagi tadi masih bisa kita bagi lagi menjadi beberapa blok lagi, sehingga dalam bentuk yang lebih kompleks, tag Frame menjadi :

<FRAMESET rows="15%,70%,15%">
  <FRAME SRC="homepage.htm" NAME="Frame1">
  <FRAMESET cols="15%,70%,15%">
    <FRAME SRC="menu.htm" NAME="Frame2">
    <FRAME SRC="menu2.htm" NAME="Frame3">
    <FRAME SRC="menu3.htm" NAME="Frame4">
  </FRAMESET>
  <FRAME SRC="homepage.htm" NAME="BIG">
</FRAMESET>
 
Untuk lebih memahami contoh-contoh penggunaan tag frame, amati beberapa contoh berikut....

Label: