Belajar Script HTML bag 6

Tag Hyperlink

Kekuatan utama dokumen HTML terletak pada hypertext link atau hyperlink atau lebih singkat lagi disebut link. Dengan hyperlink ini kita bisa membuka dokumen HTML lain atau langsung menuju ke bagian tertentu sebuah dokumen HTML. Hyperlink ini dapat diletakkan pada teks tertentu ataupun pada sebuah image, bila diletakkan pada teks maka teks tersebut (secara default) akan digaris-bawahi dan warnanya menjadi berbeda. Sintaksis penulisan :

<A href="url_file_tujuan#section"> Teks hyperlink </A>

Contoh penggunaan :

<A href="tag_hyperlink.html#top">Tag Hyperlink</A>

Tampilan di browser menjadi :

Tag Hyperlink

Untuk membuat section dijelaskan di bagian bawah halaman ini.

Path Relatif dan Path Absolute
Bila file HTML tujuan berada domain name pada yang sama tetapi pada direktori yang tidak sama maka kita bisa menggunakan url relatif, yaitu path name relatif berdasarkan posisi file saat ini. Misalnya kita akan membuka file atas.html yang berada 2 tingkat diatasnya maka hyperlink-nya berbentuk seperti :
<a href="../../atas.html"> Keatas </a>

Bila file yang akan dikaitkan berada pada domain name yang berbeda dengan domain name file yang sekarang ini, maka kita harus menggunakan url lengkap file tujuan tersebut. Misalnya :

<a href="http://www.petra.ac.id">UK Petra</a>

Mailto
Kadang-kadang kita ingin memudahkan bagi pengguna untuk mengirimkan email ke suatu alamat email tertentu. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan tag hyperlink ini, yaitu dengan menambah "mailto" dan alamat email tujuan. Sistaksis penulisannya sebagai berikut :

<a href="mailto:saya@petra.com">Kirim email </a>

contoh :

<a href="mailto:duik@peter.petra.ac.id">Dwi Kristianto </a>

Tampilan di browser :

Dwi Kristianto

Anchor Name
Seringkali halaman web adalah halaman yang panjang dan selalu membukanya dari posisi awal akan sangat melelahkan bagi pengguna. Untuk itu akan lebih memudahkan bila kita langsung merujuk pada bagian tertentu sebuah halaman web. Caranya dengan menyisipkan Tag Anchor <a> dengan atribut "name" di bagian dokumen yang akan dituju.
Berikut ini sintaksisnya : 

<a name="nama_section"></a>

Untuk menggunakannya link yang akan merujuk ke bagian dokumen itu, ditambahkan '#nama_section" menjadi :

<a href="sebuah_halaman.html#nama_section">langsung ke nama section</a>

Label: