Belajar Script HTML bag 2

Tag Meta dan Tag Body

1. Tag Meta
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tag-tag pada elemen HEAD tidak akan ditampilkan oleh web browser, tetapi tag-tag pada elemen ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai halaman web dibawahnya.
Di elemen Head ada beberapa tag-tag Meta yang bisa digunakan, tetapi kita akan membahas tiga tag yang cukup penting, yaitu tag meta author, description dan keyword. Tag-tag meta ini tidak memiliki tag penutup seperti tag-tag di elemen body pada umumnya.
Tag Meta Auhtor
Tag ini berfungsi untuk menjelaskan perancang halaman web. Contoh :
<meta name="Author" content="Nama perancang ">
Tag Meta Description
Tag meta ini berfungsi saat kita menggunakan search engine yang akan mengindex website secara otomatis. Program di search engine ini akan mencari deskripsi di website kita dan akan mencarinya di tag meta ini. Contoh :
<meta name="Description" content="Deskripsi website ">
Tag Meta Keyword
Tag ini berfungsi untuk search engine yang bertipe auto robot yang secara otomatis akan mencari kata-kata di tag ini dan meletakkan di database mereka. Bila seseorang mencari dengan kata-kata yang terdapat dalam tag meta ini maka website kita akan termasuk dalam salah satu hasil pencarian. Contoh :
<meta name="Keywords" content="personal">

Berikut ini komposisi ketiganya dalam elemen Head sebuah dokumen HTML :
 
<html>
<head>
<title>Halamanku</title>
<meta name="Author" content="Nama Perancang">
<meta name="Description" content="Deskripsi Website">
<meta name="Keywords" content="personal">
</head>
<body>
contoh Meta Tags 
</body>
</html>
 
2. Tag Body 
Tag Body adalah tag berpasangan dan seluruh content document diletakkan diantaranya. Dalam bentuk yang paling sederhana memiliki format sebagai berikut :

<BODY> </BODY>

Tetapi sebenarnya format tag Body lebih kompleks lagi, karena beberapa setting dokumen kita didalam tag Body ini. Amati contoh berikut :

<BODY BGCOLOR=white TEXT=black
LINK=blue ALINK=green VLINK=red>
</BODY>

Diperlihatkan di contoh, bahwa tag Body memiliki setting tambahan berupa atribut dan value, dengan format sebagai berikut :

<ELEMENT ATTRIBUTE=value>

Jadi kalau kita lihat kembali contoh diatas maka, tag Body adalah elemen, sementara BGCOLOR, TEXT, LINK, ALINK dan VLINK adalah atribut. white, black, blue, green dan red adalah value.
Kesimpulannya, tag menjelaskan arti elemen secara umum sedangkan atribut menjelaskan lebih detail. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari arti masing-masing atribut tersebut.

BGCOLOR=white

Atribut ini menjelaskan warna background untuk seluruh dokumen. Warna putih (white) dapat diganti dengan red, blue, green, black atau warna yang lain. Bisa juga menggunakan color code yang akan dibahas kemudian.

TEXT=black

Atribut ini mengatur warna teks di halaman web dan warna hitam (black) juga bisa digantikan dengan warna lain.

LINK=blue

Ini adalah warna hyperlink sebelum di-click. Sebaiknya memang warna hyperlink berbeda dengan warna teks untuk memudahkan pengguna.

ALINK=purple

Atribut ini mengeset warna link saat akan di-click (didekati dengan mouse).

VLINK=red

Atribut ini mengeset warna link setelah sebuah link dikunjungi.
Background pada tag Body
Salah satu atribut penting di tag Body adalah BACKGROUND. Atribut ini berfungsi untuk memberikan tampilan latar belakang sebuah gambar dan atribut ini akan menimpa atribut BGCOLOR. Untuk dapat menggunakannya kita harus tahu dimanakah letak file gambar yang akan kita gunakan. Untuk lebih jelasnya amati contoh berikut :

<BODY BGCOLOR=white TEXT=black
LINK=blue ALINK=green VLINK=red
BACKGROUND="/~webs/images/walls1.png">
</BODY>

Jangan lupa untuk menambahkan tanda kutip diantara alamat file gambar yang akan digunakan.
 
 

Label: