Cara Membuat Router Windows XP


Router adalah perangkat tambahan pada jaringan local, digunakan untuk berbagi jaringan kkoneksi internet, dan untuk kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat router berbasis windows xp.

Kali ini saya akan mencoba melakukan pengaturan agar sebuah komputer bersistem operasi windows xp dapat kita gunakan sebagai router.

Berikut langkah-langkahnya :

Siapkan secangkir kopi biar enak melakukan settingnya…

Siapkan 2 buah LAN Card atau 1 Lan card onboard dan yang satunya berdiri sendiri, dalam hal ini percobaan saya lakukan menggunakan 2 buah Lan card D-Link yang masing-masing berdiri sendiri dikarenakan data berbasis multimedia.

Setelah dilakukan pemasangan jangan lupa setting di BIOS disabledkan onboard lan cardnya, kemudian lakukan penginstalan driver untuk masing-masing lan card tadi.

Beri konfigurasi kartu jaringan dengan menetapkan alamat kedua lan card tersebut. Misalnya pada lan card slot 1 diberi IP 192.168.1.1 dan lan card yang lain diberi IP 192.168.2.1. sesuaikan IP address lan card mana yang akan dihubungkan ke modem atau ISP sobat.

Setelah dilakukan pengalamatan kedua lan card tadi, selanjutnya konfigurasikan IP Routing untuk kedua segmen tersebut, dengan cara sebagai berikut klik menu RUN kemudian ketikkan regedit selanjutnya enter.



Kemudian masuk pada jendela regedit kemudian cari key IPEnableRouter. Untuk mempercepat pencarian tekan Ctrl+F kemudian ketikkan key yang dicari. Jika key tersebut tidak ada silahkan sobat buat sendiri dengan cara masuk pada HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameter Kemudian klik kanan pilih New>Key>DWORD Value seperti gambar dibawah ini kemudian isi value data dengan angka nol atau angka 1 untuk IPEnableRouter.



tutup jendela regedit kemudian restart komputer sobat.

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar maka selesailah sudah kita melakukan konfigurasi untuk membuat router pc berbasis windows xp, dan router bias dioprasikan pada sebagai perangkat tambahan jaringan sobat. Jika ada kekurangan setting mohon para master jaringan member masukan.
Terima kasih.

Label: