Cara Membuat Menu dan Sub Menu di Blog


Dalam pengelolaaan sebuah Blog, apabila jumlah menu yang ditampilkan cukup banyak, sedangkan dari menu yang ditampilkan tersebut terdapat beberapa menu yang memiliki kategori sama, maka sebenarnya akan lebih efektif apabila menu dengan kategori sama tersebut dikelompokkan menjadi satu dalam sebuah sub menu atau pull down menu. Tujuannya adalah untuk mengelompokkan beberapa menu yang memiliki kategori sama ke dalam sebuah menu dengan pull down menu atau sub menu di dalamnya.

Untuk keperluan hal tersebut anda dapat melakukannya dengan mengikuti petunjuk langkah-langkah berikut. Simak baik-baik...

Pertama, ubah dan sesuaikan dahulu setelan tab menu dan menu halaman yang akan ditampilkan, dapat dilakukan melalui Pengaturan Laman Blog tentunya.

Kedua, buka editor template dengan cara melalui menu ‘Template’ > ‘Edit HTML’ > ‘Lanjutkan’ > jangan lupa centang ‘Expand Template Widget’.

Ketiga, cari kode ]]></b:skin> dan kemudian sisipkan kode CSS berikut ini tepat di atasnya.. Tapi sebelumnya ada baiknya anda copy dulu skrip HTML anda ke notepad misalnya, untuk menjaga kemungkinan kesalahan yang tidak diinginkan. Jika fatal anda masih bisa kembali menggunakannya.

Ini kode CSS yang harus anda sisipkan:

.tabs-inner .widget li ul {
  z-index: 100; position: absolute;
  left: -999em; height: auto; margin: 0; padding: 0;
  border: 1px solid #999999;  
}

.tabs-inner .widget li ul, .tabs-inner .widget li ul a,
.tabs-inner .widget li ul li:first-child a {
  -moz-border-radius: 0px; -webkit-border-radius: 0px;
  -goog-ms-border-radius: 0px; border-radius: 0px;
}

.tabs-inner .widget li:hover ul, .tabs-inner .widget li.sfhover ul {
  left: auto;
}

.tabs-inner .widget li li a:hover, .tabs-inner .widget li li a:active {
  color: #ffffff; background: rgb(51, 102, 153);
}

.tabs-inner .widget li ul a {
  display: block; padding-left: 1.25em; padding-right: 1.25em;
  margin-left: 0px; margin-right: 0px; border: none;
  color: #000000; background: rgb(243, 244, 246);
}

.tabs-inner .widget li ul, .tabs-inner .widget li ul a {
  width: 220px;
}

Keterangan:
Anda dapat mengubah warna garis, teks, background, dan lebar menu dengan menyesuaikan beberapa kode berikut ini:

Kode border: 1px solid #999999; digunakan untuk mengatur setelan garis, color: #000000; background: rgb(243, 244, 246); digunakan untuk mengatur warna default teks dan beckground, color: #ffffff; background: rgb(51, 102, 153); digunakan untuk mengatur warna teks dan background ketika disorot, dan width: 220px; digunakan untuk mengatur lebar sub menu.

Keempat, cari kode <li><a expr:href='data:link.href'><data:link.title/></a></li> dan kemudian perhatikan kode <b:/loop> yang terdapat beberapa baris di bawahnya. Nah, sisipkan kode dengan format berikut ini tepat di bawah <b:/loop>.

<li><a href='#'>Nama Menu</a>
  <ul>
    <li><a href='URL'>Sub Menu 1</a></li>
    <li><a href='URL'>Sub Menu 2</a></li>
    <li><a href='URL'>Sub Menu 3</a></li>
  </ul>
</li>

Keterangan:
Ubah URL sesuai dengan URL yang akan digunakan pada sub menu dan sesuaikan ‘Menu’ serta ‘Sub Menu’ sesuai dengan teks yang akan ditampilkan. Dan apabila akan membuat beberapa menu pull down, maka salin kode tersebut secara berulang di bawahnya kemudian lakukan penyesuaian setelan dengan cara yang sama dengan sebelumnya.

Kelima, simpan template.dan coba lihat hasilnya.

Dan selanjutnya sebagai contoh hasil dari penerapan dari teknik tersebut adalah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Demikian Semoga berguna dan bermanfaat.



Label: