Mengenal MACRO di Excel


Ms Excell
Ms ExcellExcell merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang sering digunakan orang untuk mengolah data. Begitu juga di kantor-kantor, seperti tempat saya bekerja saat ini. Kemudahan excell dalam menghadirkan fitur-fitur pengolahan membuat orang lebih familiar dengan aplikasi buatan Microsoft ini. Tinggal klak dan klik, semua bisa dilakukan. Ditambah lagi fitur-fitur yang dikembangkan microsoft dari waktu ke waktu. Beberapa fitur yang sering digunakan adalah formula, filter, sort, freeze panes, chart dan masih banyak lagi.

Dalam satu perkerjaan, bisa jadi kita melakukan sebuah proses berulang untuk tiap tugas. Misal saja, laporan bulanan yang membuat kita harus melakukan aktifitas penghitungan yang berulang di setiap bulan. Atau, kasus yang lebih kompleks lagi. Ada fitur yang ditawarkan oleh Excell untuk menghemat waktu kita, menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan ulang tsb. Fitur tsb bernama macro.


Apa sih Macro itu?
*Macro adalah deretan instruksi yang memperbolehkan kita membuat Excel melakukan perintah-perintah atau aksi-aksi untuk kita. Macro sangat berguna untuk tugas-tugas yang kompleks dan berulang-ulang dan dilakukan secara regular.

Macro tidak harus disertai dengan aktifitas pemrograman. Cara paling mudah untuk membuat Macro baru adalah meminta Excel untuk merekam aksi-aksi dan menyimpan aksi-aksi tersebut dalam bentuk Macro. Aksi-aksi dapat merupakan kombinasi dari beberapa perintah Excel. Macro sangat fleksibel karena dapat dijalankan berulang dan dimodifikasi kapan saja.
Selanjutnya, kita akan belajar bagaimana membuat dan menjalankan macro di lembar kerja kita.

* dikutip dari web macroexcell.wordpress.com

Label: ,