Cara Menbuat Contact Form di Blog

Contact Form, seringkali disebut juga sebagai halaman "Contact Me" atau "Kontak Saya", merupakan bagian terpenting dari blog/website yang berfungsi sebagai media korenspondensi formal dan personal. Meskipun sudah ada banyak media lain, namun halaman kontak menjadi pilihan karena menjaga privacy bagi kedua belah pihak, yaitu pemilik blog/website dan visitor/customer. Form ini juga berfungsi menghindari spam yang dikirim melalui email.
Untuk blog Blogger/Blogspot, halaman ini secara default tidak disediakan, lain halnya dengan WordPress dimana fitur ini sudah terintegrasi. Namun jangan khawatir, anda dapat membuatnya dengan beberapa langkah sederhana saja, yaitu menggunakan Contact Form eksternal yang diinstal di halaman blog/website.
Langkah pertama, membuat contact form di blog

  1. Pilih salah satu website penyedia contact form di bawah ini
  2. Buatlah akun di website yang telah anda pilih diatas. Lalu ikuti langkah - langkah untuk membuat contact form. Langkah-langkah yang diterangkan di website di atas sudah jelas, jadi saya tidak perlu menjelaskan lagi disini. Di website diatas, anda dapat melakukan kostumisasi untuk contact form. Seperti menambah form, merubah tulisan form, merubah panjang dan lebar, merubah warna dan masih banyak lagi
  3. Lalu, copy kode contact form yang telah anda buat tadi. Disana terdapat beberapa opsi kode yang bisa anda pilih. Untuk blog berplatform blogger/blogspot, anda bisa memilih opsi kode html/javascript
Langkah kedua, membuat halaman contact me di blog
  1. Masuk ke blogger menggunakan email dan password anda
  2. Buatlah sebuah halaman posting baru dengan judul  yang anda inginkan lalu pilih Setelan entri > Pilihan > Beri tanda pada Jangan bolehkan mode tulis pada bagian Komentar pembaca. Namun, saya menyarankan agar anda menggunakan halaman statis / pages (Untuk membuatnya masuk ke halaman Dasboard > Laman > Laman Baru > Laman Kosong). Karena, anda tidak perlu lagi untuk menyeting lagi seperti halaman posting.
  3. Klik kotak HTML pada pojok kiri atas
  4. Masukan kode contact form yang sudah anda buat tadi ke dalam kotak posting
  5. Untuk melihat hasilnya, klik pada kotak Compose
  6. Jika menurut anda sudah selesai bisa langsung klik Publikasikan
  7. Copy linknya dan pasang di menubar / di bagian blog lain yang anda suka
  8. Selesai

Label: