Remote desktop Ubuntu - Windows XP

Remote Desktop adalah hal yang dapat bermanfaat dalam kondisi tertentu. Terkadang kita malas jika harus melakukan aktivitas yang ribet padahal hal tersebut bisa kita lakukan dengan remote. Misalnya saat di sekolah/lab komputer atau tempat kerja.

Di bawah ini adalah salah satu cara melakukan remote desktop baik dari Ubuntu ke Windows maupun sebaliknya dari Windows ke ubuntu ( kalo dari ubuntu ke ubuntu sih mudah saja , Application > Internet > Remote Desktop Viewer )

Dari Windows ke Ubuntu (untuk linux desktop lainnya nggak jauh beda)

Pada Ubuntu :
Installkan VNC Server pada ubuntu kita dengan menjalankan perintah
$sudo apt-get install vnc4server
Setelah instalasi selesai, jalankan service VNC Server dengan perintah
$vncserver -geometry 1024×768 -depth 24

dengan 2 tahap diatas, mestinya VNC Server sudah berjalan dan siap menerima koneksi dari VNC Client/Viewer. Untuk memaksimalkan konfigurasi sesuai keinginan, lakukan setting pada opsi Remote Desktop di menu System > Preferences > Remote Desktop (di sesuaikan saja)

Pada Windows :
Download VNC Viewer Free Edition di http://www.realvnc.com/products/free/4.1/download.html. Kemudian jalankan exe nya, trus masukan IP Ubuntu Desktop kita n then OK, mestinya desktop ubuntu kita sudah bisa kita lihat dan kita remote di windows (default, request dari VNC Viewer harus di approve dulu oleh Ubuntu Desktop)

Dari Ubuntu ke Windows XP (sama seperti remote desktop di WindowsXP)

Pada Ubuntu :
Pilih menu Application > Internet > Terminal Server Client
Isi IP Windows XP, trus Connect, proses authentikasinya seperti remote desktop antar Windows XP (pastikan Windows XP terima koneksi remote desktop)

Demikian, semoga bermanfaat

Label: