Memutar DVD di Ubuntu

Aduh, gimana nggak stress nih?
Udah beli DVD Film baru malah ga bisa diputar di mesin linux ini. Padahal semua codecs untuk DVD pada repositories resmi ubuntu ini sudah kuinstall. Udah ganti-ganti software player, mulai dari Totem, Mplayer, SMplayer, Xine, sampe VLC… hasil… nihil… Saya sempat berpikir bahwa ini dikarenakan DVDnya yg eror. Namun setelah berganti berbagai macam judul film DVD tetep aja hasilnya nihil.

Googling punya googling, akhirnya saya menemukan secercah harapan, dan menemukan petunjuk dari site ini http://www.ubuntugeek.com/install-mplayer-and-multimedia-codecs-libdvdcss2w32codecsw64codecs-in-ubuntu-904-jaunty.html

Petunjuk yang saya dapatkan itu menyaran kan seperti ini:
1.Pastikan mesin linux ubuntu anda sudah terkoneksi internet.
2. Buka aplikasi terminal console nya.
3. Kita akan menambah mirror repositori tambahan dari medibuntu. Ketikkan:

#sudo wget http://www.medibuntu.org/sources.list.d/jaunty.list --output-document=/etc/apt/sources.list.d/medibuntu.list

4. Setelah itu ketikkan yang berikut ini (pastikan anda tidak sedang membuka synaptic manager):

#sudo apt-get update

5. Ketikkan lagi :

#sudo apt-get install medibuntu-keyring

6. Kemudian, ketikkan lagi:

#sudo apt-get update

7. Jika proses di atas sudah selesai, sekarang kita tinggal mengunduh file utama “libdvdcss”nya dan win32codecs nya.
-Untuk pengguna ubuntu 32bit, ketikkan:

#sudo apt-get install w32codecs libdvdcss2

-untuk pengguna ubuntu 64bit, ketikkan:

#sudo apt-get install w64codecs libdvdcss2
 
8. Biarkan kompi anda mengunduh dan menginstall codecs2 itu dengan sendirinya.
9. Bila telah selesai, cobalah untuk memainkan kembali DVD anda. (jika tadinya playernya sedang terbuka, tutp lagi jalankan lagi playernya).
Dan.... haha.. film dengan format DVD pun sudah bisa dimainkan dengan baik di mesin linux anda ini.

Di antara semua player yang ada, saya mengatakan Xine sebagai pemutar DVD pengenal-tercepat. Sementara VLC langsung to the point ke menu-nya (tanpa embel2 iklan dulu). Totem dan Kaffein agak perlu waktu agak lama untuk membaca DVD, sementara Mplayer dan SMplayer malah ga bisa sama skali (mungkin bisa, cuman saya malas menunggu).

*catatan : bila anda tidak mempunyai koneksi internet secara langsung di mesin linux ubuntu anda, anda dapat mengunduh  file utama agar dapat memainkan DVD dengan baik, yakni : libdvdcss2, tapi sebaiknya anda juga mengunduh win32codecs nya.

Selamat mencoba!