Install MySql di Ubuntu 11.04

 MySQL merupakan sebuah database yang paling populer, banyak digunakan dalam penulisan/pengembangan database website, Aplikasi Web (Web Apps atau Apps) lainnya. Merupakan sumber data yang bebas terbuka. MySQL adalah Sistem Manajemen Database Relasional (RDBMS), yang berjalan seperti server dan melayani permintaan (biasanya CRUD (Create, Retrieve, Update, Delete) operasi dari klien.
 
Pada Ubuntu 11.04 (Alias: Natty Narwhal), jika Anda ingin menggunakan server database, maka tentu saja MySQL adalah pilihan terbaik untuk menyimpan database anda. Postingan ini akan memandu Anda dalam menginstal MySQL server dan klien (versi saat ini: 5.1) dari Synaptic Package Manager dan juga melalui perintah Terminal root. Ini caranya.

Instalasi MySQL Server pada Ubuntu 11.04

Dari Synaptic Package Manager
 
1. Buka Synaptic Package Manager dan tuliskan 'mysql' pada kolom pencarian. Kemudian pilih (centang kotak) server mysql 5.1dan client nya untuk menginstal. Jika Anda ingin menginstal beberapa paket lain, kemudian klik pada ya, jika meminta dependensi.
 


2. Kemudian klik Apply dan tunggu instalasi selesai. 
3. Di, tengah perjalanan instalasi Anda akan diminta untuk Masukkan password root MySQL. Masukkan password yang baik untuk itu, tapi ingat!, Anda perlu password ini untuk mengelola database MySQL dan pengguna, ingat jangan lupa password ini!
 

4. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Dari Terminal

Buka halaman Terminal dan seperti biasa jalankan sebagai 'root'. Masukkan perintah di bawah ini.
 
  sudo apt-get install mysql-server mysql-client 

Tunggu sampai proses selesai. Bila diminta masukkan password anda yang baik dan mudah di ingat.
Anda dapat terhubung sekarang ke server MySQL dengan menggunakan perintah (Dalam contoh Address Server: localhost, Username: root) -
 
 mysql -u root-p 

Kemudian Masukkan Password Anda (Password 'root' yang anda masukkan pada langkah instalasi tadi) untuk menghubungkan ke server yang menjalankannya di localhost.
 


Jika muncul berita seperti ini, artinya instalasi sukses dan MySql anda siap digunakan.
Selamat ber 'root' ria.. ha ha .. 

Label: