Cara Install XAMPP Control Panel Ubuntu

Anda ingin menggunakan XAMPP Control Panel di Ubuntu 10.10?


Kali ini saya akan memberikan tipsnya, cara menginstall XAMPP Control Panel di Ubuntu 10.10. Disini saya tidak hanya akan menjelaskan mengenai cara menginstallnya, tetapi cara menjalankan XAMPP juga. Versi dari XAMPP yang akan saya install disini adalah xampp-linux-1.7.3a.tar.gz. Langkah awal, silahkan download terlebih dahulu file XAMPP tersebut di situs resmi XAMPP. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:



Setelah kalian selesai mendownload XAMPP, taruh file hasil download di folder "Home/(nama_user)". Setelah itu, buka Terminal, caranya klik menu Application -> Accessories -> Terminal. Kemudian login sebagai root, caranya ketikkan perintah berikut di terminal.

sudo su

Lalu masukkan password Ubuntu kalian. Jika sudah menjadi root, sekarang ketikkan perintah berikut ini untuk memulai menginstall XAMPP:

tar xvfz xampp-linux-1.7.3a.tar.gz -C /opt

Setelah itu tunggu hingga proses instalasi XAMPP selesai. Untuk mengetahui apakah XAMPP telah terpasang dengan baik, silahkan buka menu Places -> Computer -> File System. Kemudian masuk ke folder opt, lihat apakah didalam folder opt terdapat folder lampp. Jika folder lampp sudah ada, maka XAMPP akan terinstall dengan benar.

Selanjutnya, untuk memulai XAMPP Control Panel, ketikkan perintah berikut di terminal kalian.

sudo /opt/lampp/lampp start


Kira-kira seperti itulah hasilnya jika kalian memulai menjalankan XAMPP di ubuntu. Terdapat sebuah masalah jika sebelumnya kalian sudah pernah menginstall service Apache2. Apache XAMPP tidak akan berjalan ketika kalian menjalankan XAMPP. Kira-kira seperti ini gambarnya:



Pada gambar diatas disebutkan bahwa web server lain telah berjalan. Jika kalian mengalami hal seperti ini, matikan dulu service web server apache2 tersebut, jika sudah kalian dapat menjalankan perintah memulai XAMPP. Cara untuk mematikan sementara service dari web server apache2 tersebut adalah sebagai berikut:

/etc/init.d/apache2 stop

Jika yang bermasalah adalah service dari MySQL, maka perintahnya adalah sebagai berikut:

/etc/init.d/mysql stop

Jika service web server apache2 sudah dimatikan sementara, sekarang kalian dapat menjalankan XAMPP, silahkan ulangi perintah untuk memulai XAMPP. Atau kalian dapat menjalankan perintah ini:

sudo /opt/lampp/lampp startapache


Perintah diatas hanya akan menjalankan web server XAMPP saja. MySQL tidak akan dijalankan, karena tadi kalian sudah menjalankannya. Berikut adalah perintah-perintah lain yang dapat membantu kalian dalam menjalankan XAMPP Control Panel.



Semoga artikel ini membantu. Jika ada kritik dan saran, tolong komentari artikel ini untuk perbaikan dimasa datang



Wassalaaaam..