Bootable Live CD Ubuntu yang di sesuaikan

Untuk membuat salinan Live CD dari Ubuntu/Linux yang sudah disesuaikan dengan keinginan anda sendiri dapat menngunakan tool 'Reconstructor' dengan mudah. Tapi ada jalan lain yang menggunakan tool gratis yang dinamakan 'Renastersys' yang untuk menggunakannya anda harus mempunyai CD atau DVD instalasi yang digunakan untuk membakar file 'iso' nantinya.

Panduan berikut ini akan menjelaskan bagaimana Anda dapat membuat Live-CD dari Ubuntu anda yang sudah mengalami penyesuaian sehingga anda dengan leluasa me re-instal sisten anda tanpa harus mengulangi penyesuaian-penyesuaian yang telah anda lakukan. 

Caranya cukup sederhana, dengan menggunakan Remastersys. Utility ini sangat-sangat memungkinkan Anda untuk membuat Live CD instalasi Ubuntu atau Linux Mint Anda sendiri yang disesuaikan. Ini sebenarnya digunakan untuk membuat beberapa turunan Ubuntu, dan Anda cukup dapat dengan mudah menggunakannya untuk tujuan ini sendiri jika Anda begitu ingin, Anda dapat menggunakannya untuk membuat salinan distribusi. Dan ini sangat mudah digunakan.
Jadi, bagaimana Anda menginstalnya? Utility ini bukan termasuk dalam repositori Ubuntu, tetapi ada repositori Remastersys yang dapat Anda tambahkan. Caranya buka terminal, jalankan sebagai root dan masukkan perintah berikut ini:

sudo vim /etc/apt/sources.list

 Anda juga dapat menggunakan nano atau editor lain jika Anda inginkan. Sekarang tambahkan baris berikut:

# Remastersys
deb http://www.geekconnection.org/remastersys/repository karmic/

Sekarang jalankan perintah berikut untuk menginstalnya:

sudo apt-get update
sudo apt-get install remastersys

Sebelum anda menjalankannya, Anda mungkin ingin mengubah beberapa pengaturan. Ini adalah dalam sebuah file teks di /etc/remastersys.conf. File ini sangat mudah untuk digunakan, dan segala Anda dapat dengan mudah mengubah nama CD disesuaikan dengan mengedit file ini.
Sekarang, ketika Anda menjalankan Remastersys, itu akan menciptakan citra ISO didasarkan pada Anda menginstal saat ini, jadi misalnya jika Anda menjalankan Ubuntu namun telah menambahkan desktop Kubuntu, maka akan ada di CD juga.
Sebelum Anda menjalankannya, tutup setiap aplikasi lain yang Anda jalankan karena mereka dapat mempengaruhi. Ada dua cara Anda dapat menjalankannya. Untuk membuat cadangan semua, termasuk direktori pengguna, jalankan berikut:

sudo remastersys backup

Proses ini bisa berlangsung agak lama, terutama jika Anda memiliki banyak aplikasi yang terinstal. Sadarilah bahwa ISO lebih dari 2GB dapat memiliki boot yang cukup lama, namun jangan khawatir jika sistem Anda memerlukan tempat lebih dari itu karena ini ditekan secara signifikan ketika citra ISO dibangun (standar Ubuntu menginstal memakan sekitar 2GB ketika diinstal, tapi sekitar 700MB sebagai ISO). Perlu diketahui juga bahwa citra yang lebih besar dari 700MB harus dibakar ke DVD.
Setelah proses selesai, jika Anda pergi ke direktori /home, Anda akan melihat sebuah direktori pengguna ekstra telah ditambahkan – Remastersys. Masuklah ke direktori ini, dan ada folder Remastersys lain di dalamnya. Di dalam Anda akan menemukan citra ISO baru Anda, yang dapat Anda pindahkan ke direktori home Anda sendiri, bersama dengan checksum md5.
Nah, itu selesai, Anda dapat membersihkan direktori pembangunan. Hal ini mudah, cukup masukkan perintah berikut ini:

sudo remastersys clean

Pastikan Anda telah pindah ke direktori ISO Anda sendiri sebelum Anda melakukannya. Sekarang Anda dapat menggunakan alat untuk membakar CD atau DVD Anda, dan Anda sekarang memiliki Ubuntu sendiri yang disesuaikan!


Selamat mencoba..

Label: